Houthi Yaman Incar Kabel Bawah Laut, Internet Dunia Bisa Putus

Share this article :
Facebook
Twitter
LinkedIn

Pemerintah Yaman yang diakui oleh PBB memperingatkan akan kemungkinan kelompok Houthi yang didukung Iran, bisa memotong kabel internet bawah laut yang berada di Laut Merah.
Mereka menilai ini adalah ancaman serius terhadap salah satu infrastruktur digital terpenting di dunia. Moammar Al-Eryani, Menteri Informasi, budaya dan wisata Yaman, memberi peringatan itu di postingan X/Twitter, menyinggung analisis yang dipublikasikan di Gulf International Forum seperti dilansir, Rabu (7/2/2024).

Analisis tersebut memperingatkan potensi perubahan strategi Houthi di Laut Merah, dari menargetkan pengiriman barang jadi mengincar arus informasi global. Dalam analisis itu, analis Emily Milliken di Askari Defense & Intelligence yang berbasis di Washington mencemaskan kabel bawah laut sebagai korban berikutnya Houthi
Mereka dapat menyesuaikan strategi untuk mengincar target baru dan mungkin lebih penting, kabel telekomunikasi bawah laut di selat Bab el-Mandeb,” tulisnya. Dia merujuk postingan Telegram yang dilaporkan berafiliasi dengan Houthi, membagikan peta kabel bawah laut. Kabel itu tak hanya menghubungkan Yaman tapi juga seluruh benua.
Bahkan kerusakan sebagian pada kabel bawah laut dapat menghilangkan akses internet di wilayah yang luas, sehingga menyebabkan gangguan ekonomi besar bagi seluruh negara,” tulisnya. Itu karena ketergantungan dunia dan perekonomian global terhadap akses internet.

Sumber : detik.com

Berita Populer

Berita Terbaru